Return to Bangunan Air

Reservoar

PDAM Kota Magelang saat ini memiliki 4 (empat) buah reservoar untuk melayani sistim penyediaan air minum, reservoar tersebut dibangun dari tahun 1920 sampai dengan tahun 1994, sedangkan kapasitas reservoar keseluruhan saat ini adalah 4.650 m3.

  1. Reservoar Bandongan dibuat tahun 1961, reservoir ini berkapasitas 1.400 m3, terletak di Wilayah Kecamatan Bandongan, Kab. Magelang, di suplai dari mata air Wulung dan Kalegen. Reservoir ini melayani wilayah Kelurahan Magelang, Kelurahan Potrobangsan dan sebagian Kelurahan Cacaban.
  2. Reservoar Aloon-aloon, Reservoar ini merupakan Reservoar tertua yang dimiliki PDAM Kota Magelang, dibangun tahun 1920 dengan kapasitas air 1.750 m3, saat ini reservoar ini digunakan untuk menampung air dari Sumber Mata air Kalegen, Wulung serta Tuk Pecah.
  3. Reservoir Gunung Tidar berkapasitas 1.000 m3 terletak di lereng Gunung Tidar  Wilayah Kelurahan Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, di suplai dari mata air Kanoman 1. Reservoir ini melayani wilayah Kecamatan Magelang Selatan, seperti Kelurahan Magersari, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kelurahan Jurangombo Utara, Kelurahan Tidar Selatan, Kelurahan Tidar Utara, Kelurahan Rejowinangun Selatan dan Wilayah Mertoyudan.
  4. Reservoir Akmil berkapasitas 500 m3 terletak di lereng Gunung Tidar sisi selatan di komplek Akmil, di suplai dari mata air Kanoman 2. Reservoir ini dibangun pada tahun 1920 dan digunakan khusus melayani kesatuan Akademi Militer serta pendistribusiannya dikelola sendiri oleh Akmil.


Permanent link to this article: http://pdamkotamagelang.com/bangunan-air/reservoar/